Monday, May 8, 2017

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami dan Ampuh

Bekas luka kalau pada bagian tidak terlalu terlihat bukan masalah besar, tapi apa jadinya kalau bekas luka itu ada di tangan, kaki, tumit, atau di wajah, pasti akan membuat kita tidak enak dilihat, kayak mat codet aja jadinya. 
Bekas luka seperti terkena pisau, parang, bekas kecelakaan, goresan dan lain sebagainya bisa saja mengecil lama-kelamaan jika dibiarkan saja, tapi tetap saja tidak enak terlihatnya. Anda pernah coba untuk menghilangkannya? Pakai cara apa? Bisa tidak? Kalau tidak berhasil juga mungkin beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami berikut ini bisa anda coba.

Cara Menghilangkan Bekas Luka


1. Menghilangkan Bekas Luka dengan Mentimun

Cara ini bisa anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka, dan sudah terbukti. Menurut Joel Schlessinger,MDahli kulit dari Omaha, Nebraska, mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput.
Caranya: cuci bersih mentimun, kemudian potong mentimun menjadi kecil-kecil lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. Setelah halus, oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Jika dilakukan dengan rutin maka bekas luka dapat berangsur-angsur menjadi samar dan hilang.

2. Menghilangkan Bekas Luka dengan Madu

Selain dengan mentimun, anda juga bisa menggunakan madu, madu bermanfaat untuk merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi nyeri dan menghilangkan bekas luka. Agar mendapatkan manfaat dari madu, James F Balch dan Phyllis A. Balch, dalam Prescription for Nutritional Healing menganjurkan untuk menggunakan madu yang masih alami. 
Caranya: Oleskan madu secara merata pada luka. Biarkan selama 20-30 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Lakukan beberapa kali sehari dan rutin.

3. Menghilangkan Bekas Luka dengan Teh Hijau

Kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) pada teh hijau berfungsi sebagai antioksidan yang memiliki kemampuan 200 kali lebih hebat dari vitamin E dan sudah terbukti dapat mengurangi aktivitas hormon penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit, mengontrol produksi minyak serta menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat. 
Caranya: basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Lalu, usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan.

4. Menghilangkan Bekas Luka dengan Daun Pare

Buahnya yang pahit juga memiliki khasiat bagi kesehatan, tapi khusus untuk menghilangkan bekas luka anda cukup menggunakan daunnya saja.
Caranya, cuci sampai bersih segenggam daun Pare yang masih segar. Lalu, remas-remas sampai halus. Tambahkan sedikit air hangat, lalu peras. Kemudian, campurkan air perasan tersebut dengan 2 sendok makan tepung beras hingga teksturnya seperti lotion. Kemudian, aduk sampai merata. Balurkan pada bagian bekas luka. Biarkan sampai kering dan bilas sampai bersih.

5. Menghilangkan Bekas Luka dengan Daun Mint

Tanaman yang memiliki nama latin Mentha Piperita ini berkhasiat untuk membantu menghilangkan jerawat, luka bakar, dan bahkan juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka. 
Caranya, ambillah beberapa lembar daun mint. Cuci bersih dan haluskan hingga membentuk scrub. Selanjutnya oleskan ke area luka Anda.

6. Menghilangkan Bekas Luka dengan Lidah Buaya

lidah buaya biasanya digunakan sebagai perawatan rambut, selain itu juga dimanfaatkan untuk perawatan wajah dan kulit. Kandungan lignin dan asam amino pada lidah buaya dapat melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit.  Lidah buaya juga memiliki anti-radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas luka. 
Caranya, cukup oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin. Berhati-hatilah agar tidak kena bagian getah dari lidah buaya tersebut karena getah tersebut dapat membuat kulit terasa gatal.

7. Menghilangkan Bekas Luka dengan Jus Noni 

Kandungan scopoletin pada noni sangat efektif sebagai zat anti-radang. Dan buah yang satu ini juga sudah terbukti dapat menghilangkan bekas luka akibat terbakar.
Caranya: Basahkan handuk kecil dengan Noni juice. Lalu, kompres bekas luka tersebut dan biarkan hingga mengering. Kemudian, bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin sehari 2-3 kali sehari sampai bekas lukanya hilang.

8. Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak zaitun

Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada bekas luka dikulit anda. Jika ingin lebih efektif lakukan juga pemijatan agar kandungan minyak zaitun dapat meresap. 

9. Menghilangkan Bekas Luka dengan Mengkudu

Cara menggunakannya yakni balurkan mengkudu yang sudah di blender. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit dikulit anda, langkah terakhir yakni bersihkan menggunakan air.

10. Menghilangkan Bekas Luka dengan Jeruk nipis

Anda dapat menggosokan irisan jeruk nipis pada bekas luka kemudian bilas menggunakan air hangat. Terkadang cara ini memberikan rasa pedih, meskipun demikian apabila dilakukan secara rutin maka dapat menghilangkan bekas luka.

No comments:

Post a Comment